MBKM Fest 2024: Momentum Perayaan Aksi, Kolaborasi dan Prestasi

Sumbawa— MBKM Fest 2024 sukses digelar di Gedung Aula Katolik Sumbawa Minggu (21/1/2024). MBKM Fest 2024 merupakan gelaran akbar untuk mempromosikan capaian Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UTS. Dengan tema “Aksi, Kolaborasi, Prestasi”, acara ini menjadi momentum perayaan dan kolaborasi antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, mitra industri serta mahasiswa dalam menyiapkan generasi muda agar kelak menjadi sumber daya manusia unggul dan berdaya saing global.

Dalam sambutannya, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menyampaikan bahwa program MBKM merupakan pembuktian komitmen dalam mendukung program pemerintah serta bentuk dedikasi dalam menyiapkan lulusan yang mampu berinovasi, unggul dan berkarakter. “Program MBKM akan sangat bermanfaat dan berdampak luas bagi pengembangan dan peningkatan kualitas berpikir, keahlian, serta kesiapan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja dan masyarakat. inovasi yang diberikan oleh mahasiswa kelak akan membuahkan nilai yang manis untuk Indonesia. Alumni program MBKM UTS dapat berkiprah lebih tinggi.”

Gelaran MBKM Fest 2024 menghadirkan 6 program MBKM UTS yaitu, Program MERDEKA, EUREKA, UTS Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, UTS Preneurship, dan Program Magang & Independen. Dari program-program tersebut mahasiswa berhasil menghasilkan produk dan inovasi di berbagai bidang seperti produk usaha, artikel, dan lain sebagainya. Tak terkecuali mahasiswa dari UTS Preneurship.

Dalam ajang penghargaan, UTS Preneurship berhasil membawa pulang pemenang pada Kategori Bisnis Inovasi Terbaik dan Bisnis Kecil dan Menengah Terbaik. Kategori Bisnis Terbaik diraih oleh tim program studi Bisnis Digital dengan inovasi pada produk kosmetik – Sea Natural Makeup dan Bisnis Kecil dan Menengah Terbaik diraih oleh tim program studi Kewirausahaan – Kantin Maras. Kedua tim tersebut berhasil membuktikan bahwa program MBKM khususnya UTS Preneurship menumbuhkan kemampuan untuk mandiri, kreatifitas serta bermanfaat bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kepala UPT OMTC Juniardi Akhir P, M.Kom.

MBKM Fest 2024 adalah ajang yang digelar untuk memeriahkan hasil kerja cerdas, tuntas, dan buah pikiran mahasiswa dalam kontribusi dan dedikasinya untuk pembangunan negeri melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (PR)